Catatan Lydia

Catatan Lydia
Blog ini didedikasikan untuk anak-anakku tercinta, Abhi Sachi dan Samy yang mewarnai hidupku dengan kebahagiaan. Tulisan-tulisan di blog ini menjadi saksi, betapa berartinya kalian untuk mama. Kelak ketika kalian besar nanti, memori indah yang tertulis di blog ini akan selalu kita kenang bersama. I love U Nak..


Senin, Januari 28, 2013

Memilih RS dan SPOG Bandung


Usia kandunganku minggu ini sudah memasuki minggu ke 36. Dalam hitungan minggu, mungkin dua atau tiga minggu lagi adik bayi akan segera hadir mewarnai rumah tangga kami. Beberapa hal sudah kami, aku dan papanya putuskan di bulan ini, antara lain tempat melahirkan dan dokter kandungan yang menangani. 

Selama hamil, saya lebih sering control ke dr. Anna Fachruriyah, SPOG di RS Hermina Pasteur Bandung. Nyaman saja rasanya berkomunikasi dengan si dokter yang ceria dan enerjik ini. Juga encourage beliau yang selalu positif membawa energy positif untukku, terlebih di saat-saat berat seperti ketika aku mengalami Abortus Imminens maupun campak. Namun menjelang melahirkan dalam kondisi tanpa ART dan tidak dapat mengandalkan bantuan mertua lagi, maka saya memilih untuk melahirkan di RS Al Islam saja. Pertimbangannya tentunya lokasi yang sangat dekat dari rumah. Jadi nanti Abhi dan Sachi bisa menjenguk mama dan adik bayi kapan pun. Dan kalaupun nanti terpaksa melahirkan tanpa didampingi suami karena harus menjaga anak-anak, setidaknya bolak balik antara rumah sakit dan rumah tinggal kami tidak jauh. Yaaa walaupun tentunya harus menurunkan level kenyamanan, karena SPOG pilihan, ruang rawat dan service antara Hermina dan Al Islam belum seluruhnya setara. Ya maklum saja, tariff persalinannya saja sudah cukup berbeda jauh, jadi wajar bila servicenya juga berbeda. Tapi bismillah sajalah. Yang aku harapkan dalam persalinan ini hanyalah kemudahan bagi semua pihak, agar prosesnya tidak merepotkan banyak orang.

Kembali lagi, setelah menentukan RS tempat melahirkan nanti, aku memilih dokter kandungan yang akan membantu persalinan nanti. Di RS Al Islam terdapat 6 Dokter Kandungan, dr. Sunardi, SPOG, dr Rustama SPOG, dr Aldi SPOG, dr. Delle SPOG, dr. Ani SPOG, dan dr. Annisa, SPOG. Berhubung aku lebih nyaman dengan dokter perempuan, jadi opsinya tinggal 3 dokter saja.  Dan aku memilih dr. Delle SPOG karena faktor pengalaman dan kredibilitas beliau. Namun, dr. Delle jadwal praktek dan antriannya menyulitkan aku untuk control yakni di hari Senin, Rabu, Jumat pkl 09.00-12.00. Artinya untuk control ke dr. Delle aku harus masuk setengah hari saja karena untuk mendaftar, antri dan diperiksa menyita setengah hari sendiri. Sempat beberapa kali mengunjungi beliau, aku menyerah juga. Lagi-lagi atas nama kemudahan, aku memutuskan untuk control rutin ke dr. Annisa, SPOG saja.  Beliau praktek setiap Jumat dan Sabtu sore pkl 14.00-16.00. Sabtu kemarin adalah yang pertama kalinya kami berkunjung ke dr. Annisa, SPOG. Ternyata beliau seorang dokter muda. Kalau aku taksir, usianya mungkin sebaya denganku. Tak apalah. Toh aku bisa control sambil membawa serta kedua buah hatiku sekalian. Pemeriksaan oleh dr. Annisa juga cukup detail, tidak terburu-buru. Ia menjelaskan kondisi calon buah hatiku mulai dari kepala, kondisi mata, otak, Jantung, tulang belakang, posisi tangan, kaki, jenis kelamin, letak plasenta, volume ketuban dan seterusnya. Cukup detail menurutku. Beberapa pertanyaan yang kuajukan pun dijawab cukup memuaskan. Well, so far so good.

Bismillah, semoga nanti proses kelahiran adik bayi lancar dan bisa dibantu oleh dr. Delle Heliani SPOG atau sebagai 2nd option bersama dr. Annisa SPOG. Amiiin.

Doakan ya...

2 komentar:

  1. Ibu lydia akhirnya proses persalinan ditangani oleh dokter siapa?

    BalasHapus
  2. Karena dr. delle masih di perjalanan, sementara saya sudah mau melahirkan, jadi tidak keburu waktu membantu saya bersalin. akhirnya ditangani dr. rustama. beliau kebetulan sedang praktek di hari saya melahirkan. Alhamdulillah lancar, dr nya juga cekatan.

    BalasHapus